Jumat, 27 Desember 2013

MANFAAT AMAR MA’RUF NAHI MUNGKAR

Dengan kita melaksanakan amar ma’ruf nahi mungkar akan mendapat beberapa manfaat dan pahala, diantaranya:
1. Menjadi orang-orang yang beruntung dan mendapat rahmat dari Allah.
وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُوْنَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ (سورة أل عمران 104)
Dan hendaklah ada diantara kalian segolongan umat yang menyeru kepada kebaikan (Islam), memerintah kebaikan dan mencegah dari kemungkaran. Merekalah orang-orang yang beruntung.
2. Terhapusnya beberapa dosa.
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:
فِتْنَةُ الرَّجُلِ فِي أَهْلِهِ وَمَالِهِ وَجَارِهِ، تُكَفِّرُهَا الصَّلاَةُ، وَالصَّدَقَةُ، وَالأَمْرُ بِالْمَعْرُوفِ، وَالنَّهْيُ عَنِ الْمـُنْكَرِ ... الحديث (رواه البخاري في كتاب المناقب عن حذيفة)
Fitnahnya seorang laki-laki di dalam istrinya, hartanya, anaknya dan tetangganya. Menghapus kepadanya adalah  shalat, shodaqoh, amar ma’ruf dan nahi  mungkar.
3. Mendapat pahala sebagaimana pahala orang yang mengikuti ajakannya.
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:
مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ اْلأَجْرِ مِثْلُ أُجُوْرِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُوْرِهِمْ شَيْئًا، وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلاَلَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنَ اْلإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا (رواه أبو داود في كتاب السنة عن أبى هريرة، صحيح)
Barang siapa yang mengajak (manusia) pada hidayah maka baginya pahala sebanyak pahala orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun, dan barang siapa yang mengajak (manusia) pada kesesatan maka dia mendapatkan dosa sebanyak dosa orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.
4. Mendapat pahala yang nilainya lebih besar daripada mendapatkan unta merah (kendaraan yang paling mahal pada zaman Rasulullah SAW).
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW pada Ali bin Abi Thalib:
... فَوَاللهِ لأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُوْنَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ (رواه البخاري في كتاب الجهاد والسير عن سهل بن سعد)

Demi Allah niscaya bahwasanya Allah memberi hidayah sebab engkau (Ali bin Abi Thalib) pada seorang laki-laki, itu lebih baik bagimu daripada kamu mendapatkan merahnya ternak (unta merah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


“Menjadi Pondok Pesantren Yang berkemampuan global dalam dakwah Islam sehingga mendorong Umat Islam dan umat manusia pada umumnya memiliki kehidupan Yang sejahtera berbasis agama, kejujuran, amanah, hemat dan kerja keras, rukun,kompak serta dapat bekerjasama dengan baik”.