Jumat, 27 Desember 2013

Gaya Belajar / Mengaji santri dalam menerima ilmu


1.    Gaya Belajar Tipe Visual
a.     Fisiologi
·  Melihat informasi dengan melihat ke atas (gerakan bola mata keatas)
·  Pandangan muka ke atas
·  Tangan bergerak di atas dada
·  Nada suara tinggi
b.    Karakteristik
·  Kata-kata yang sering dipakai : melihat, membayangkan, gambaran, dll
·  Teratur, memperhatikan segala sesuatu, memperhatikan penampilan
·  Saat komunikasi senang menatap wajah lawan bicara
·  Memperhatikan gerak-gerik lawan bicara
·  Bicara cepat, kurang suka jadi pendengar
·  Kebanyakan lupa nama orang yang dikenal, tapi ingat wajahnya
·  Berpenampilan bersih dan rapi
c.     Strategi Mengajar
·  Menggunakan warna (tidak hanya hitam)
·  Gunakan ekspresi wajah dan tubuh
·  Sering gunakan gambar-gambar
·  Menjelaskan dengan mencoret-coret
·  Menggunakan kata kerja (predikat) visual
2.    Gaya Belajar Tipe Auditori
a.     Fisiologi
·  Gerakan bola mata sejajar telinga
·  Suara jelas, punya ritme, teratur
·  Bicara sedikit lambat dibanding tipe visual
·  Pandangan muka ke depan
b.    Karakteristik
·  Peka dengan suara
·  Perhatian mudah terpecah
·  Belajar dengan mendengarkan
·  Membaca teks/menghafal dengan suara keras
·  Kata kata yang sering dipakai : mendengar, lirih, melengking, kedengarannya
·  Biasanya kurang memperhatikan lawan bicara, hanya fokus pada suara lawan bicara
·  Pendengar yang baik
·  Kebanyakan melupakan wajah orang yang ditemui, tapi hafal namanya
c.     Strategi Mengajar
·  Suara harus jelas
·  Mainkan intonasi dalam berbicara
·  Menggunakan pengulangan kata, minta anak menyebut kembali yang sudah dijelaskan
·  Sesi tanya jawab, diskusi
3.    Gaya Belajar Tipe Kinestetik
a.     Fisiologi
·  Gerakan bola mata ke arah bawah
·  Suara cenderung berat
·  Banyak gerak
·  Tubuh cenderung menunduk
b.    Karakteristik
·  Menyentuh orang yang berdiri berdekatan
·  Menunjuk tulisan saat membaca
·  Saat belajar sering menggunakan gerakan, misal : tangan menunjuk-nunjuk, bermain bolpoin
·  Kata-kata yang sering dipakai : rasanya, keras, lembut,dll
·  Ketika berkomunikasi biasanya senang melakukan gerakan
c.     Strategi Mengajar
·  Melibatkan fisik/gerakan
·  Menggunakan alat bantu / permainan
·  Membuat simulasi / praktek
·  Bermain peran

·  Menghargai anak yang melakukan gerakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


“Menjadi Pondok Pesantren Yang berkemampuan global dalam dakwah Islam sehingga mendorong Umat Islam dan umat manusia pada umumnya memiliki kehidupan Yang sejahtera berbasis agama, kejujuran, amanah, hemat dan kerja keras, rukun,kompak serta dapat bekerjasama dengan baik”.