1. Gaya
Belajar Tipe Visual
a. Fisiologi
· Melihat
informasi dengan melihat ke atas (gerakan bola mata keatas)
· Pandangan
muka ke atas
· Tangan
bergerak di atas dada
· Nada
suara tinggi
b. Karakteristik
· Kata-kata
yang sering dipakai : melihat, membayangkan, gambaran, dll
· Teratur,
memperhatikan segala sesuatu, memperhatikan penampilan
· Saat
komunikasi senang menatap wajah lawan bicara
· Memperhatikan
gerak-gerik lawan bicara
· Bicara
cepat, kurang suka jadi pendengar
· Kebanyakan
lupa nama orang yang dikenal, tapi ingat wajahnya
· Berpenampilan
bersih dan rapi
c. Strategi
Mengajar
· Menggunakan warna (tidak hanya hitam)
· Gunakan
ekspresi wajah dan tubuh
· Sering
gunakan gambar-gambar
· Menjelaskan
dengan mencoret-coret
· Menggunakan
kata kerja (predikat)
visual
2. Gaya
Belajar Tipe Auditori
a. Fisiologi
· Gerakan
bola mata sejajar telinga
· Suara
jelas, punya ritme, teratur
· Bicara
sedikit lambat dibanding tipe visual
· Pandangan
muka ke depan
b. Karakteristik
· Peka
dengan suara
· Perhatian
mudah terpecah
· Belajar
dengan mendengarkan
· Membaca
teks/menghafal dengan suara keras
·
Kata kata yang sering dipakai : mendengar,
lirih, melengking, kedengarannya
· Biasanya
kurang memperhatikan lawan bicara, hanya fokus pada suara lawan bicara
· Pendengar
yang baik
· Kebanyakan
melupakan wajah orang yang ditemui, tapi hafal namanya
c. Strategi
Mengajar
· Suara
harus
jelas
· Mainkan
intonasi dalam berbicara
· Menggunakan pengulangan kata, minta anak
menyebut kembali yang sudah dijelaskan
· Sesi
tanya jawab, diskusi
3. Gaya
Belajar Tipe Kinestetik
a. Fisiologi
· Gerakan
bola mata ke arah bawah
· Suara
cenderung berat
· Banyak
gerak
· Tubuh
cenderung menunduk
b. Karakteristik
· Menyentuh
orang yang berdiri berdekatan
· Menunjuk
tulisan saat membaca
· Saat
belajar sering menggunakan gerakan, misal : tangan menunjuk-nunjuk, bermain
bolpoin
· Kata-kata
yang sering dipakai : rasanya, keras, lembut,dll
· Ketika
berkomunikasi biasanya senang melakukan gerakan
c. Strategi
Mengajar
· Melibatkan
fisik/gerakan
· Menggunakan
alat bantu / permainan
· Membuat
simulasi / praktek
· Bermain
peran
· Menghargai
anak yang melakukan gerakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar