Senin, 20 Januari 2014

Tujuh Amalan Penarik Rejeki

Tujuh Amalan Yang Bisa Mendatangkan Rezeki



Tujuh Amalan Yang Bisa Mendatangkan Rezeki-  Allah yang maha suci dan maha luhur meluaskan rezeki kepada setiap mahkluk beserta dengan kefadolan dan kerohmatan-Nya. Allah memberi rezeki kepada manusia tentu sudah ada takarannya masing-masing. Ketika manusia masih berada dalam kandungan seorang ibu, rezeki manusia sudah diperkirakan oleh Allah SWT. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadits Muslim , yang artinya:

"sesungguhnya salah satu kalian dikumpulkan peciptaannya dalam perut seorang ibu...., kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniup ruh, dan malaikat diperintah oleh Allah untuk menulis 4 kalimat : yaitu tentang rezeki, ajal dan amal, celaka dan beruntung.... *HR. Muslim

Banyak sedikitnya rezeki manusia semua itu sudah diatur oleh Allah, hanya saja manusia mempunyai kewajiban untuk mencari rezeki Allah ini dengan cara yang halal dan menghindari yang haram-haram.

Dalam hal ini, penulis akan berbagi beberapa amalan-amalan yang Insya Allah bisa mendatangkan rezeki yang barokah. Tentu disamping kita berusaha dan bekerja, namun jangan lupa untuk memperbanyak mengerjakan amalan-amalan diyakini bisa mendatangkan rezeki yang barokah yang sudah ada tuntunannya baik dari Allah SWT dan Rosulullah SAW. 

Berikut ini adalah amalan-amalan yang bisa mendatangkan rezeki :

1.  Taqwa Kepada Allah SWT
Allah telah perintah kepada manusia untuk bertaqwa kepada Allah SWT. Bertaqwa berarti mengerjakan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangan Allah. Tentu anda semua pernah mendengar kisahnya Nabi Yusuf. Nabi Yusuf ketika akan berbuat zina dengan wanita mulia (Zulaikha), lalu ia menghindari perbuatan zina itu sebab ingat kepada Allah. Sebab menjauhi larangan Allah yaitu menghindari kemaksiatan akhir ia menjadi seorang raja yang mulia yang memiliki segala-galanya.

Seperti yang difirmankan oleh Allah dalam Al-Qur'an :


 "Seandainya sesungguhnya penduduk desa beriman dan bertakwa maka niscaya Aku (Allah) akan membuka pintu kebarokahan dari langit dan bumi, akan tetapi mereka mendustakan, maka Aku menyiksa mereka sebab perbuatan mereka".

Dan dalam hadist kudsi dijelaskan :


Sesungguhnya Allah berfirman : "Wahai anak Adam, menyempatkanlah beribadah kepada-Ku maka akan Aku penuhi dadamu dengan kekayaan, dan Aku tutup kefakiranmu, apabila tidak mengerjakan, maka akan Aku penuhi dadamu dengan kesibukan dan tidak akan hilangkan kefakiranmu."

2.  Tawakal Kepada Allah SWT
Tawakal adalah berpasrah diri kepada Allah, artinya seluruh kehidupan manusia harus diserahkan sepenuhnya kepada Allah. Setelah manusia berusaha dan berdo'a, maka sepenuhnya keputusan kita serahkan kepada Allah SWT. Rasulullah adalah manusia yang paling tawakal kepada Allah, dan Rasulullah juga perintah kepada umat manusia supaya bertawakal kepada Allah. Tawakal merupakan amalan agar kita diberi kemudahan dan kelancaran rezeki oleh Allah SWT. Dalam Al-Qur'an surat At-Thalaq ayat 2-3 Allah berfirman :



 "Dan barang siapa bertaqwa kepada Allah, maka Allah memberi jalan keluar, dan Allah memberi rezeki kepada orang tersebut dari sekiranya tidak disangka, dan barang siapa bertawakal kepada Allah maka Allah akan mencukupinya."

3.  Merutinkan membaca Basmallah 
Merutinkan membaca basmallah dalam segala hal, seperti saat akan masuk rumah, keluar rumah, makan, minum, bekerja, bekerjasama, menakar sesuatu, berpakaian, atau mengerjakan kepentingan-kepentingan lain, maka supaya diawali dengan membaca basmallah. Seperti halnya makan, syetan akan nimbrung orang yang sedang makan ketika tidak dibacakan basmallah, sehingga makanannya tidak membawa keberkahan.

4.  Memperbanyak Dzikir dan Berdo'a
Salah satu amalan yang bisa mendatangkan rezeki yang berkah adalah membiasakan memperbanyak dzikir dan do'a. Adapun ucapan-ucapan dzikir sebagaimana Rasulullah ajarkan kepada orang Arab ketika orang arabiyu datang kepada Rasulullah, kemudian Rasulullah perintah kepadanya supaya mengucapkan kalimat ini.



Do'a adalah senjata orang iman yang harus terus diasah sehingga sewaktu-waktu digunakan bisa berguna. Maka perbanyaklah berdo'a kepada Allah terutama do'a di sepertiga malam terakhir, sebab Allah turun ke langit dunia untuk mengabulkan do'anya orang yang berdo'a. Adapun do'a-do'a yang disabdakan Rosulullah yaitu :


اللهم اكفني بحلالك عن حرامك واغنني بفضلك عمن سواك


اللهم أكثر ماله وولده، وبارك له فيما أعطيته

Do'a-do'a di atas hanya sebagian kecil, dalam berdo'a tidak harus memakai bahasa arab, dengan menggunakan bahasa kita sendiri juga diperbolehkan. Namun saat berdo'a sertai do'anya dengan keyakinan agar Allah mudah untuk mengabulkan do'a yang kita panjatkan kepada-Nya.

5.  Bersyukur Kepada Allah SWT
Bersyukur kepada Allah, meliputi mensyukuri segala pemberiannya merupakan kewajiban bagi kita semua. Betapa tidak, kita dihidupkan ke dunia dalam keadaan kosong, tidak punya apa-apa, kemudian Allah memberi nikmat berpikir dan kekuatan sehingga kita bisa mencari rezeki yang telah dihalalkan oleh kepada manusia. Maka tanda balas kita kepada Allah hanya mensyukuri segala nikmat-nikmat-Nya, baik secara lisan maupun secara perbuatan. Karena dengan mensyukuri nikmat Allah, maka Allah akan memberi tambahan nikmat dan memberikan kebarokahan dalam nikmat tersebut.

6.  Bertaubat dan Minta Ampun Kepada Allah SWT
Taubat adalah mengakui dengan tulus kepada Allah terhadap dosa-dosa yang pernah dikerjakan, baik dosa kecil maupun dosa besar. Adapun Istighfar adalah permintaan ampun kita kepada Allah terhadap dosa yang kita perbuat baik disengaja maupun tidak disengaja. Dan istighfar ini termasuk praktek dari pernyataan taubat tersebut.

Adapun prakteknya dengan cara memperbanyak istighfar, rajin melaksanakan ibadah sunnah, seperti sholat sunnah, puasa sunnah atau mencari tambahan-tambahan pahala yang bisa menglebur dosa-dosa yang telah kita perbuat.

7.  Bekerja Keras dan Hemat
Menurut Rasulullah orang yang paling baik yaitu orang tidak meninggalkan akhirot karena dunianya, dan juga tidak meninggalkan dunia karena akhirotnya. Ibadah sangat penting dan mencari maisah dengan cara bekerja itu juga penting. Sebab bekerja termasuk salah satu faktor kelancaran dalam beribadah. Dengan bekerja maka akan mendapat rezeki yang bisa kita sisihkan sebagian untuk bersodaqoh, infaq, dan zakat.

Sumber : http://ppgaceh.blogspot.com/2013/07/tujuh-amalan-yang-bisa-mendatangkan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


“Menjadi Pondok Pesantren Yang berkemampuan global dalam dakwah Islam sehingga mendorong Umat Islam dan umat manusia pada umumnya memiliki kehidupan Yang sejahtera berbasis agama, kejujuran, amanah, hemat dan kerja keras, rukun,kompak serta dapat bekerjasama dengan baik”.